5 Jenis Makanan Sulit Dicerna Pencernaan Kita

Qaritsa.net –  Beberapa hasil penelitian ilmu kedokteran menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis makanan sulit dicerna pencernaan. Diantaranya mungkin ada yang sobat anggap baik dan normal tapi nyatanya tidak demikian. Tentu sulit apabila sobat harus catat atau hafal satu persatu dari setiap makanan atau minuman yang sobat minum seharian.

Setiap makanan itu sendiri memiliki nutrisi yang berbeda-beda dan memiliki manfaatnya masing-masing. Namun tidak semua makanan juga dapat mudah dicerna oleh tubuh. Lantas, makanan apa saja yang membuat sulit dicerna? Dikutip dari TNN setidaknya terdapat 5 jenis makanan yang sulit dicerna.

5 Jenis Makanan Sulit Dicerna Pencernaan

5 jenis makanan sulit dicerna pencernaan

Makanan Olahan

Junk Food, Permen, Keripik, Ciki dan lainya. Ini beberapa jenis makan sulit dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Hal ini terjadi karena makanan olahan seperti ini dibuat dengan campuran zat adiktif yang berfungsi sebagai pengawet makanan. Apalagi makanan ini sangat digemari oleh anak-anak tentu ini sangat mengganggu sistem pencernakan sikecil. Kandungan kimiawinya tidak baik bagi kesehatan dan mungkin akan menempel pada hati.

Produk Susu

Tidak semua orang mengalami hal berikut namu, beberapa orang tidak bisa mencerna produk susu. Ini terjadi karena mereka kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa, yang merupakan gula alamiah yang ada di produk susu.

Baca Juga :

Serat

Sebenernya tubuh kita ini tidak bisa mencerna Serat. Karena serat sendiri tidak mengandung kalori yang menjadikan kita tidak bisa mendapatkan energi dari jenis makan ini. Namun, untungnya serat masih mempunyai fungsi lain yang penting, yaitu serat yang tidak dicerna membentuk tumpukan yang membantu otot di dalam usus untuk mendorong kotoran dari dalam tubuh.

Biji-Bijian

Salah satu makan yang selalu lolos dari sistem pencernaan yaitu biji-bijian. Mengapa demikian? karena biji-bijian mentah mengandung asam fitik  yang mengintervensi penyerapan mineral penting. Ada baiknya untuk tidak langsung mengkonsumsi biji-bijian secara mentah, namun harus dijemur terlebih dahulu.

Makanan Mengandung Gula

Makanan yang memiliki kandungan gula yang banyak tentu kurang baik bagi kesehatan, apalagi yang memiliki riwayat penyakit gula. Bahkan pemanis buatan juga tidak benar-benar bisa diserap oleh tubuh. Meskipun pemanis buatan tidak menghasilkan kalori, makanan ini tidak memberikan keuntungan bagi tubuh.

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *