Cara Membuat Post Terjadwal di WordPress

Bismillah, mungkin hal ini pasti dialami oleh setiap bloger atau pemilik website bagaimana cara membuat postingan terpost secara terjadwal. Apalagi bagi para pemula yang baru terjun didunia website tentunya hal ini harus langsung dicoba.

Biasanya postingan yang terjadwal ini digunakan di website yang memiliki traffic tinggi dan post-post yang banyak disetiap harinya. Dalam hal ini juga kurang baik apabila seorang penulis mempost postingan yang banyak secara bersama-sama diwaktu yang bersamaan.

Biasanya di website-website yang sudah berpengalaman, membuat postingan terpost secara terjadwal disaat jam-jam traffic yang padat akan pengunjung. Dan juga dalam sistem yang google terapkan, biasanya google hanya merayapi 2 sampe 3 post saja perharinya.

Baca Juga : 10 Penyebab Komputer Lambat

Setting Zona Waktu Pada Website

Hal ini penting untuk pemula, karena pada saat website dibuat. Settingan zona waktu default website itu adalah waktu UTC. Arti dari UTC adalah Coordinated Universal Time atau perhitungan waktu yang disesuaikan kordinat tempat pada waktu disetiap daerah di dunia.  Di indonesia sendiri dikenal dengan UTC+7, artinya lebih tujuh jam dari waktu UTC dunia. Umpamanya UTC time nya jam 12.00 maka UTC+7 yang ada di indonesia yaitu jam 19.00.

Caranya sebagai berikut :

  1. Login ke Dashboard pada Wp-Admin seperti biasa.
  2. Buka pengaturan > umum
  3. Pada Bagian zona waktu setting UTC + 7
  4. Rubah Format Waktu menjadi perhitungan 00.00-24.00 misalkan (17.00)
  5. Simpan Perubahan

Baca Juga : Cara menggunakan Battle Encoder Shirase

Setting Post Terjadwal

Selanjutnya setelah men-setting zona waktu, maka tinggal membuat post baru seperti biasa. Sobat bisa mengisi artikel terlebih dahulu atau men-setting jadwal terbit dahulu, sesuai prioritas sobat. Apabila semua sudah siap, selanjutnya sobat bisa mulai men-setting seperti berikut:

  1. Buka pos > Tambah baru
  2. Sebelah kanan > Klik Sunting Terbitkan Segera
  3. Atur Bulan, Tanggal, Tahun dan waktu
  4. Jadwalkan

Keutamaan Membuat Postingan Terpost Secara Terjadwal

  1. Mudah untuk mengedit kembali postingan apabila terjadi kesalahan karena belum sempat terpublish.
  2. Dapat menyesuaikan waktu post yang cocok saat traffic padat.
  3. Dapat menyiapkan artikel besar di waktu yang akan datang dengan persiapan yang cukup.

Pada wordpress sendiri dalam men-setting waktu post ini sangatlah mudah berbeda dengan CMS lainnya. Dan bagi para blogger atau pemilik web yang memang menginginkan lebih mudah dalam mengatur jadwal post. Bisa menambahkan beberapa Plug-in yang disediakan oleh wordpress.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *