Cara Mengetahui ID Page Post Category Tag Pada WordPress

Bismillah, Mungkin banyak bagi sobat pemula yang bingung dalam mencari ID Page Post Category Tag pada wordpress. Pada sebuah kondisi dimana sobat membutuhkan ID untuk mencari artikel pada database, menampilkan laman atau post pada widget dan lainnya. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan beberapa tips atau tutorial bagaimana cara mengetahui ID tersebut, mari disimak.

Baca Juga : Cara Menggunakan BES dalam mengatasi CPU Usage 100%

Cara Mengetahui ID Post dan Page Pada WordPress

Kenapa penulis satukan dalam pembahasan Post dan Page disini? karena pada dasarnya penggunaan Post dan Page ini mirip. Jadi agar mempermudah nantinya sengaja penulis gabungkan materinya. Untuk sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara mengetahui ID pada Post dan Page mari diperhatikan.

Cara yang pertama, sobat masuk kepada kumpulan semua Post atau Page (Post > semua Post), lalu sobat tinggal arahkan kursornya ke bagian nama dari Post atau Pagenya. Dan lihat disebelah kiri bawah layar akan muncul link, nah dilink tersebutlah terdapat ID yang sobat cari. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut:

Cara Mengetahui ID Page

Cara yang kedua, dibagian semua kumpulan Page atau Post sobat bisa klik materi yang akan sobat cari IDnya. Lalu sobat perhatikan URL link diatas, diantara link tersebut terdapat ID yang sobat cari. Perhatikan Gambar berikut :

Cara Mengetahui ID Page

Cara Mengetahui ID Category Pada WordPress

Pada bagian ini sobat buka semua kumpulan Category caranya Post > Category selanjutnya sobat, yang pertama bisa arahkan kembali kursor kebagian materi yang akan sobat cari IDnya. Dan perhatikan kembali di sebelah kiri bawah layar akan muncul link yang didalamnya terdapat ID. Perhatikan gambar berikut :

Cara Mengetahui ID Page

Dan dicara yang kedua pun, sobat bisa juga mengklik materi yang coba cari ID nya dan lihat dibagian atas, seperti pada gambar berikut :

Cara Mengetahui ID Page

Cara Mengetahui ID Tag Pada WordPress

Sama seperti bagian-bagian sebelumnya. Terdapat dua cara manual yaitu dengan melihat dikumpulan Tag caranya Post > Tag, selanjutnya sobat bisa gunakan seperti cara pertama diatas dengan mengarahkan kursor kebagian materi dan melihatnya di sebelah kiri bawah layar.

Cara Mengetahui ID Page

Dan juga bisa dengan mengklik materi Tag tersebut dan melihatnya di bagian URL atas.

Cara Mengetahui ID Page

Baca Juga : Tutorial Seputar Komputer 

Cara Mengetahui ID Dengan Bantuan Plugin

Mungkin cara yang termudah bagi sobat pemula untuk mencari ID yaitu dengan bantuan plugin. Fungsi plugin ini yaitu langsung menampilkan ID materi pada semua kumpulan Post Page Category atau Tag. Jadi Sobat tidak perlu capek-capek klik atau mengarahkan kursor sobat cukup menginstal plugin yang dibutuhkan. Banyak plugin yang bisa sobat pakai untuk menampilkan ID ini, diantaranya :

  • Reveal IDs
  • Show IDs by 99 Robots
  • Show IDs by Echo Plugins
  • Catch ID
  • Dan Lainya
Cara Mengetahui ID Page

Nanti hasil kinerja pluginnya akan seperti berikut,

Cara Mengetahui ID Page

 

Nah itulah beberapa tutorial Cara Mengetahui ID Page Post Category Tag Pada WordPress. Mungkin apabila sobat masih bingung dengan caranya, sobat bisa tanyakan langsung dengan berkomentar dibawah.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *