Keutamaan Sabar Dan Pahala Yang Menyertainya

Sabar

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الغفور الرحيم و صل وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Alhamdulillah pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang sabar. Mungkin diantara pembaca ada yang pernah mengalami perasaan tak sabar sehingga menjadi pribadi yang tempramen mudah emosi karena hilangnya kesabaran.

Perlu kita ketahui bahwa sabar adalah salah satu wasilah kontrol diri, dengan sabar hawa nafsu mudah terkendali loh kawan. Penasaran kan? yuk, kita simak.

Keutamaan Sabar Dan Pahala Yang Menyertainya

Baca Juga: Pandangan Islam Tentang Valentine’s Day

Cukuplah Dengan Sabar

Dalam hidup barang tentu kita sudah pasti akan di uji oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Kita di uji supaya kita menjadi pribadi yang lebih tangguh lagi dari pada sebelumnya, akan tetapi kebanyakan dari kita kurang sabar dalam menghadapi ujian dari Allah, padahal Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman yang berbunyi:

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”. (Al-Baqarah [2] ayat 155).

Dalam firman yang lain:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱصْبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung”. (Ali-Imran [3] ayat 200).

Ganjaran Pahala Sabar

Perlu kita ketahui bahwa pahala sabar ini sangat besar dan pahalanya Allah sendiri yang menentukan diantara dalilnya yaitu:

إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (Az-Zumar [39] ayat 10).

MasyaAllah betapa mulianya pahala bagi orang-orang yang bersabar, dimana Allah Subhanahu wa ta’ala menempatkan pahalanya sangant luar biasa yaitu tanpa batas, dan bahkan dalam riwayat lain Allah membalas orang yang sabar itu dengan surga sebagaimana berikut:

Dari Atha bin Abu Rabah, beliau berkata: “Ibnu Abbas radiyallahu ‘anhuma mengatakan padaku: “Apakah engkau suka saya tunjukan seorang wanita yang tergolong ahli syurga?” Saya berkata: “Baiklah”. Ia berkata lagi: “Seorang wanita hitam pernah datang kepada Nabi Sallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata: “Sesungguhnya saya ini terserang penyakit ayan dan auratku sering terbuka karenanya. Berdoalah kepada Allah untuk ku , Rasulullah bersabda: “Jika mau sabar bagimu surga. Jika engkau mau aku akan berdoa kepada Allah agar menyembuhkan mu”. Wanita itu berkata “aku memilih bersabar” lalu ia berkata pula “auratku bisa tersingkap ketika (ayan) berdoalah kepada Allah supaya auratku tidak terbuka. Nabi Sallallahu ‘alaihi wa salam pun berdoa kepada Allah untuk wanita tersebut. (Bukhari 5652 dan Muslim 2576).

Baca Juga: Pendaftaran STDI Imam Syafi’i Jember

Subhanallah sungguh tidak ada yang sia-sia kesabaran seseorang karena Allah telah menyiapkan pahala yang begitu besar untuk orang yang sabar. Semoga Allah menggolongkan kita di antara orang-orang yang sabar aamiin.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *