Pengertian dan Ruang Lingkup Terapi Air Atau Hydrotherapy

 Terapi Menggunakan Air Atau Hydrotherapy

terapi air

Hallo sahabat qaritsa kembali lagi dengan konten life style nih yang kali ini kita akan bahas mengenai pengertian Hydrotherapy. For  your info sobat terapi air atau Hydrotherapy biasa dipakai untuk menghilangkan nyeri dan penyembuhan luka loh, kok bisa yah ? yuk mari simak ulasannya.

Pengertian dan Ranah Hydrotherapy

Hydrotherapy adalah perawatan menggunakan air untuk tujuan kesehatan, semisal menghilangkan rasa nyeri dan bahkan sebagai penyembuh luka. Adapun alat yang bisa digunakan seperti: Kolam renang, whirlpoolsdan hubbard tank (tangki yang memungkinkan pasien untuk merendam seluruh tubuhnya dalam air).

Baca Juga: Pengertian Fisiotheraphy

Baca Juga: Cara Terapi Osteoarthritis

Keuntungan penggunaan hydrotherapy

  1. Mengurangi nyeri dan rasa kaku.
  2. Menambah relaksasi otot.
  3. Menambah kebugaran pada saat melakukan olahraga dan aktifitas lainnya.
  4. Mempercepat penyembuhan .

Pada hydrotherapy terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Seperti fasilitas kesehatan holistik yang menyediakan layanan hydrotherapy, seperti damp body wraps dan  facial douches. Teknik ini biasanya bersifat sebagai pelengkap dan perawatan alternatif untuk semua jenis nyeri hingga penyakit migren, dan kadang dilandasi oleh ilmu pengetahuan yang jelas.

Efek Fisikologis Hydrotherapy

Hydrotherapy biasanya digunakan teruntuk penderita radang sendi untuk membantu melatih persendian. Tekanan air yang berlawanan dengan gaya gravitasi memungkinkan untuk melatih otot. Hal ini penting jika mengingat latihan fisik penting bagi pemulihan persendian.

Hydrotherapy dalam fisiotherapy dapat berfungsi juga sebagai pengobatan untuk mempercepat penyembuhan luka. Perawatan dalam  whirlpool  membantu dalam mengangkat jaringan yang mati dan substansi lainnya. Akan tetapi ada beberapa kondisi dimana hydrotherapy tidak boleh dilakukan, sebagai contoh pada penderita dengan luka terbuka sebaiknya tidak menggunakn kolam renang tapi menggunakan whirlpool theraphy untuk mencegah timbulnya infeksi pada luka.

Kesimpulan

Hydrotherapy mengacu pada semua perawatan yang menggunakan air dalam aplikasinya, dan dalam beberapa kasus hydrotherapy diperuntukan untuk mengurangi rasa nyeri dan dalam beberapa kasus lain bisa untuk penyembuhan luka. Meskipun hydrotherapy sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa kelainan, tetapi ada beberapa kasus yang tidak memungkinkan dipergunakan. Oleh karena itu penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai perawatan.

 

Semoga kita semua bisa terhindar dari berbagai penyakit, dan bagi sahabat yang sedang sakit semoga Allah Subhanahu wa ta’ala  angkat penyakitnya dan menggantinya dengan kesembuhan.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *