Penjelasan Fisioterapi Adalah dan Jenis-Jenisnya

Kegunaan Fisioterapi

Fisioterapi adalah

Bismillah, Halo sahabat qaritsa pada kesempatan ini penulis akan membahas seputar fisioterapi. Tahu kah sobat kegunaan fisioterapi, dan ada berapa macam fisioterapi itu? Fisioterapi adalah salah satu tindakan medis yang bertujuan merehabilitasi seseorang agar terhindar dari resiko kecacatan. Fisioterapi juga termasuk tindakan medis yang bertujuan untuk mencegah dari resiko kecacatan. Bagaimana lengkapnya yuk kita simak !

Baca Juga: Beasiswa Telkom University

Fisioterapi Adalah

Fisioterapi adalah salah satu tindakan medis yang bertujuan merehabilitasi seseorang agar terhindar dari resiko kecacatan. Dalam fisioterapi biasanya dilakukan rangkain pencegahan terlebih dahulu sebelum adanya diagnosis penyakit dan penanganan.

Tujuan dari fisioterapi sendiri adalah untuk mengembalikan kembali kondisi fungsi tubuh setelah mengalami penyakit atau cidera. Oleh karena itu fisioterapi biasanya menjadi alternatif pilihan yang sering di tempuh para pasien.

Penyakit yang Butuh Penanganan Fisioterapi

Biasanya penanganan fisioterapi dilakukan untuk kondisi yang mengganggu sistem syaraf seperti:

  • Gangguan otot kerangka pada tubuh.
    Gangguan kerangka tubuh diantaranya nyeri punggung, nyeri otot, cedera karena olah raga, dan sebagainya.
  • Gangguan sistem syaraf tubuh.
    Gangguan seperti penyakit parkinson, stroke, multiple sclerosis.
  • Gangguan pada jantung dan pembuluh darah.
    Diantara gangguan pada jantung dan pembuluh darah adalah serangan jantung.
  • Gangguan pada sistem pernafasan.
    Salah satu contoh gangguan pada sistem pernafasan yang bisa ditangani melalui metode fisioterapi adalah asma.

Jenis-Jenis Teknik Fisioterapi

Berikut merupakan beberapa jenis dari teknik Fisioterapi

1. Exercise therapy (terapi latihan).

Teknik yang paling sering dilakukan terutama pada kondisi kronis. Jenis latihan yang dilakukan berupa isomatic, isotonic, aerobic, maupun latihan aquatic. Jenis latihan ini ditujukan untuk melatih jangkauan gerak, meningkatkan kekuatan, koordinasi, ketahanan , keseimbangan,  dan postur.

2. Manipulation / Manual therapy

Teknik ini berguna untuk menghasilkan gerakan pasif yang bertujuan untuk mengurangi nyeri dan menin gkatkan fleksibilitas sendi. Teknik ini meliputi gerak dan massage (pijat).

3. Thermotherapy (Heat Therapy/ terapi panas)

Teknik ini mempergunakan udara lembab yang dapat mengurangi kekakuan pada otot dan rasa nyeri pada otot. Biasanya teknik ini menggunakan kantung panas , atau handuk panas.

4. Coldtherapy (terapi dingin)

Aplikasi terapi ini dapat mengurangi kepekaan syaraf yang berguna untuk mengurangi rasa nyeri. Metode ini biasanya menggunakan es.

5. Electrotherapy

Teknik ini menggunakan impuls listrik untuk menstimulus saraf motorik atau bisa untuk memblok saraf sensorik. Teknik ini bertujuan untuk mengurangi rangsangan rasa nyeri.

6. Iontophoresis dan Phonophoresis

Iontophoresis merupakan usaha memasukan obat dalam jaringan dengan menggunakan bantuan arus listrik sedangkan Phonophoresis merupakan usaha memasukan obat dalam jaringan dengan menggunakan bantuan ultrasound. Teknik ini biasanya dipergunakan untuk penanganan nyeri leher, punggung dan radang sendi.

7. Traksi

Traksi merupakan prosedur neuro-muskulo-skelatal seperti patah tulang, dan kaku otot , teknik ini biasanya menggunakan alat yang berfungsi sebagai penarik atau bisa menggunakan beban.

Baca Juga: Beasiswa Universitas Thoyyibah

 

Nah itu sobat beberapa gambaran seputar fisioterapi dan teknik yang di pergunakan. Semoga bermanfaat dan semoga sahabat qaritsa senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Aamiin.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *