Tatacara Muqobalah Di UIM Langsung Terbaru 2019

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الغفور الرحيم و صل وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Tatacara Muqobalah Di Universitas Islam Madinah (UIM)Langsung Terbaru 2019

Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah, karena pada kali ini penulis ingin menjelaskan tatacara muqobalah secara langsung di Universitas Islam Madinah. Karena siapa sih diantara para Tholabul ‘Ilm yang ga pengen bisa kuliah di (UIM)? Banyak sekali keutamaan bisa kuliah langsung di Madinah.
Salah satunya ketika kita bisa kuliah disana, kita pasti mendapatkan kemudahan dalam beribdah karena lokasinya yang dekat dengan Masjid Nabawi dan kota Mekkah, mendapatkan subsidi biaya hidup dari pemerintah, beasiswa dan lainnya. Serta lulusan (UIM) ini dipastikan kualitas ilmu dan pemahaman agama sangat baik. Siapa yang tidak kenal Ustadz Khalid, Ustadz Syafiq, Ustadz Firanda ? Mereka salah satu lulusan terbaik di (UIM) dulu. Langsung saja simak tatacaranya di bawah ini.

Baca juga : Persyartan Universitas Islam Madinah 2019

Pendaftaran Online

Bagi setiap calon Mahasiswa yang ingin kuliah di (UIM) diwajibkan untuk mengikuti standar prosedur yang sudah (UIM) tetapkan. Salah satunya dengan pendaftaran online diwebsite resmin (UIM). Dan sebelum daftar online dilakukan, ada hal yang lebih wajib dilakukan para calon Mahasiswa, yaitu dengan melengkapi berkas-berkas yang nanti diminta oleh pihak (UIM). Baca disini untuk persyaratan (UIM) , kalo semua berkas sudah lengkap dan terpenuhi, maka selanjutnya bisa mulai melakukan pendaftaran online. Klik untuk membuka website resmi pendaftaran (UIM).

 

Ikut Program Umroh

Mengikuti program umroh ditravel-travel lokal, ini merupakan salah satu cara untuk bisa langsung muqobalah. Karena jika kita sudah melakukan pendaftaran online lalu mendapatkan (رقم الطلب) atau nomor peserta pendaftar dan kita hanya berdiam diri menunggu kegiatan Dauroh resmi dari pihak (UIM) ya cukup lama karena harus menunggu kepastian kapan dan dimana dilaksanakanya. Penulis Sarankan ketika memilih travel untuk umroh agar memastikan travel tersebut menyediakan program Muqobalah (UIM) atau tidak. Karena jika tidak ada program Muqobalahnya ya nantinya nihil. Dalam mengikuti program umroh travel pastinya harus mempunyai bajet yang besar.

Bikin Perjanjian Dengan Pihak Travel

Perjanjian yang dimaksud disini adalah kapan anda mau melaksanakan muqobalah dan bersama siapa saja yang akan berbarengan dengan anda muqobalahnya . Biasanya pihak travel sudah memberikan opsi waktunya, dan berbarengan dengan Calon Mahasiswa lainya yang ikut program umroh tersebut. Anda juga bisa meminta kepada pihak travel untuk mendampingi anda ketika muqobalah. (tergantung pihak travelnya).

Berangkat Ke Madinah

Ketika sudah fix dipastikan jadwal keberangkatan umroh dan muqobalahnya tentu anda segera berangkat ke Arab Saudi sesuai dengan prosesdur Travel Umroh seperti biasanya. Namun saran penulis ketika sebelum keberangkatan atau sedang keberangkatan, untuk memeriksa kembali berkas-berkas yang diperlukan, perbanyak belajar atau murojaah materi muqobalah.

 

Berangkat Ke Uinversitas Islam Madinah

Selanjutnya, sesampainya anda di Arab Saudi biasanya pihak travel yang mengadakan program plus muqobalah ini mendahulukan kegiatan umroh anda di kota suci Mekkah. Dan selepas itu baru anda dan rombongan berangkat ke Madinah. Ketika waktu yang sudah ditetapkan pada saat perjanjian diawal tiba, dimulai lah anda berangkat ke (UIM) beserta beberapa peserta lainya dari rombongan anda. Dan yang tidak ikut program Muqobalah biasanya mereka akan mengunjungi tempat-tempat wisata disekitar kota Madinah.

 

Memasuki Ruangan Administrasi

Setibanya di kampus (UIM) anda harus segera mendapatkan nomor antrian muqobalah diruangan adminstrasi setempat. Dan memperlihatkan (رقم الطلب) atau nomor peserta pendaftar yang didapat ketika daftar online sebelumnya. Kemudian pastikan anda sudah mendapatkan nomor peserta antrian.
Saran penulis perbanyak do’a agar Allah permudah dan kembali memurojaah materi untuk muqobalah.

Mulai Muqobalah bersama Masyaikh Penguji

Ketika bagian anda tiba. Anda akan langsung berhadapan dengan Sheikh yang menguji anda, banyaknya Sheikh yang menguji kemungkinan lebih dari satu. Bedanya disini anda hanya menjawab pertanyaan yang diajukan penguji. Berbeda dengan kegiatan dauroh yang ada di negara masing-masing kegiatanya begitu banyak dan memakan waktu.

Baca juga : Belajar Nahwu Pemula Dengan Mudah

Pertanyaan Masyaikh Penguji

Pertanyaan yang baiasanya para Sheikh penguji berikan diantaranya :

  1. Jurusan yang anda pilih.
  2. Pemahaman aqidah anda.
  3. Jumlah Hafalan Al Quran yang anda kuasai.
  4. Pertanyaan test hafalan Al Quran.
  5. Ilmu Syar’i seputar Fiqh.
  6. Ilmu Bahasa arab (Nahwu Sharaf)
  7. Motivasi masuk (UIM)

Itulah pertanyaan pertanyaan yang diajukan ke anda. Ada baiknya anda menguasi semua pertanyaan tersebut, karena dari setiap point pertanyaan biasanya acak materinya sesuai keinginan Masyaikhnya dan tidak ada kisi kisinya. Disinilah salah satu sebab do’a anda harus kuat kepada Allah, karena tidak sedikit banyak peserta mendapatkan penguji yang strong (kuat), maksudnya kurang ramah, pertanyaan sulit dsb. Biasanya anda bisa meminta bantuan kepada pendamping travel untuk membantu menterjemahkan apabila sewaktu waktu anda ada kesulitan dalam penyampaian jawaban. Dan yang perlu diwaspadai adalah ketika pertanyaan soal Aqidah. Aqidah yang anda pahami menentukan kelulusan atau tidak. Karena ketika diuji nanti pemahaman Aqidah anda sangat terlihat oleh Masyaikh, kalo anda itu sebagai Ahlusunnah atau Ahlu Bid’dah.

 

Kolom Penilaian

Salah satu penilain yang penulis jelaskan tadi, yaitu yang paling vital adalah di Aqidah lalu prilaku dari adab dan akhlaq. Serta penilain lainya yaitu sikap Masyaikh yang tetarik dengan jawaban materi dan akhlak anda yang akhirnya akan terus menerus memberikan pertanyaan kepada anda. Karena tidak sedikit ketika muqobalah itu tersasa singkat sekali ketika Sheikh penguji berkata “Khalas” yang artinya selesai. Masalah kelancaran berbahasa anda itu bukan patokan anda tidak diterima. Dalam form lampiran penilaian terdapat KelulusanDiusahakan Untuk Lulus, Waiting List  dan Tidak lulus. Itu yang nanti anda akan dapatkan selesai Muqobalah.

 

Itulah sedikit yang penulis dapat sampaikan, ada baiknya setiap pembaca yang berminat untuk kuliah disana untuk meluruskan niat dalam mencari ilmu agama, belajar sungguh sungguh dengan usaha yang keras dan jangan lemah, serta perbanyak ibadah dan do’a kepada Allah. Karena hasil tidak akan mengkhianati takdir Allah. Informasi diatas merupakan salah satu pengalaman sahabat penulis, yang beliau ceritakan kepada penulis di akhir desember 2018 kemarin. Semoga semua informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

 

 

 

 

Please follow and like us:

6 thoughts on “Tatacara Muqobalah Di UIM Langsung Terbaru 2019

  1. assalamualaikum.. ya ukhti ana mau bertanya pendaftaran terakhir 2019 sudah telat, saya ingin tolabul ilmi di mahad alimarot sudah lama, sekarang ana lagi menyelesaikan pekerjaan di united arab emirat kembali ke Negara bulan maret, masih bias untuk mendaftar ? syukron jazilan , jazzakillah khoiron katsiron

    1. Ya, pendaftaran terakhir januari kemarin, mungkin ada lagi di pertengahan 2019 untuk smster ganjil.
      ‘afwan penulis disini semuanya ikhwan..

  2. kira2 bulan apa? akhi kalau kampus alimarot bandung khusus akhwat sama pendaftarannya atau beda? asifah ana kira untuk akhwat soalnya bingung mau nyari di mana informasinya

  3. boleh ana minta informasi kampus alimarot yang akhwat????? asifah jidan kalau ada kata yg tidak berkenan syukron atas informasinya barokallohu laka, alef mabruk wa maa najah fi kuli umur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *