Tips Dan Kunci Sukses SBMPTN 2019 Terbaru

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الغفور الرحيم و صل وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Alhamdulillah, Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi sedikit tips dan kunci supaya sukses di SBMPTN 2019. Pas banget buat siswa/siswi yang lulus tahun sekarang, atau yang lagi break dulu setahun kemaren buat ikut SBMPTN yang sekarang. Karena banyak sekali peminat yang ingin masuk ke PTN favorit tapi bingung bagaimana caranya. Mungkin terasa sulit karena saingan yang banyak, passing grade yang tinggi dan lainya.

Tapi yang harus sobat ketahui, jika sobat berhasil masuk dan kuliah di PTN yang difavoritkan, tentu banyak sekali keuntungan yang nantinya bakal didapat. Seperti biaya yang murah, lulusan yang dipandang berkualitas, dan prospek kerja yang diperhitungkan oleh beberapa perusahaan negara ataupun swasta. Berikut beberapa Tips dan kunci yang penulis sampaikan dari beberapa pengalaman, dan hasil review dibeberapa artikel lainnya.

Baca Juga : Jadwal SBMPTN 2019 Terbaru

 

1. Niatkan mau kemana saya melanjutkan pendidikan?

Niat ini penting buat temen-temen yang masih bingung buat lanjut kuliah atau kerja. Karena tidak sedikit banyak orang malah mengikuti hawa nafsunya karena menggampang-gampangkan urusan pendidikannya. Ada yang mau kerja dulu coba setahun, gataunya udah kenal uang malah gamau kuliah, padahal tidak ada yang menjamin diperjaannya itu dipertahankan atau dicoret. Ada juga yang udah punya tujuan untuk masuk kuliah tapi, “Dimana saja asal keterima”, nantinya pas kuliah udah dimulai malah nyesel karena merasa kesulitan, susah, gacocok, mahal dan lainya.

Jadi, Niatan ini penting sobat. Karena dengan niat yang bulat dan tekad yang kuat, dipastikan kita pasti mempunyai rasa optimis dan semangat berusaha untuk bisa kuliah di PTN yang diinginkan.

 

2. Sesuaikan kemampuan pribadi cocok dan mampu dibidang apa?

Tidak sedikit banyak dari maba yang baru kuliah malah stress dan ga fokus dengan perkuliahannya, Ya, karena pilihan jurusan yang salah atau tekanan dari orang lain yang menyebabkan dia kuliah disitu. Mungkin sebab awalnya cuman ikut-ikutan temen, atau dipaksa orang tua, atau kuliah dimana saja asal diterima. Ya ini jadi masalah serius, karena nantinya akan merugikan waktu, dan biaya yang sudah dikeluarkan.

Fikirkan baik-baik dari sekarang, lihat kemampuan pribadi. Apa sobat menguasai dan menyukai tetang hal ini atau itu. Coba minta saran dan pendapat kepada orang terdekat tentang kemampuan sobat, seperti ibu, kaka, atau sahabat. Yang memang sudah kenal dekat dengan sobat. Tapi tetep pilihan ada disobat, saran dan pendapat orang lain itu hanya masukan.

3. Buat jadwal belajar setiap harinya dengan batasan yang wajar

Ketika niat sudah mantap, jurusan yang mau diambil sudah sesuai. Selanjutnya Sobat berusaha untuk meraih itu semua, caranya ya dengan belajar. Banyak sekali orang yang menggampang-gampangkan dalam masalah belajar ini. Tidak sedikit yang berfirikiran, “Nanti saja belajar ketika sudah dekat hari H”, atau “Terlalu banyak yang diujiankan, jadi susah buat belajar kapasitas otak udah full”. Itu semua hanya pola berfikir yang keliru, sobat harus melawan itu semua.

Buat konsep terjadwal setiap harinya, manfaatkan waktu ketika belajar dikelas dengan baik. Dan ketika diluar sekolah pun manfaatkan waktu-waktu kosong untuk belajar. Misalkan hari ini selepas Ashar sobat pelajari materi untuk UN, malam nya pelajari UAS, besok diwaktu yang kosong juga isi dengan mempelajari untuk SBMPTN dan lainya. Yang penting sobat harus konsisten, dan keliru kalo sobat belajar dengan sistem SKS (sistem kebut semalam), sobat bisa itu karena terbiasa.

Baca Juga : Tatacara Kuliah Beasiswa di Universitas Islam Madinah 2019

4. Cari latihan soal yang akan diujiankan

Disini sobat harus aktif dalam mencari informasi seputar SBMPTN atau ujian lainnya. Gunakan grup-grup kumpulan disekolah atau diluar sekolah untuk mencari info seputar materi-materi yang akan diujiankan sekalian silaturahmi. Karena banyak orang juga yang mereka hanya mengandalkan dari temen sekelas dan lainya itu gacukup. Kalo bisa ya sekalian ikut bimbel ditempat bimbel yang berkualitas, karena disana pasti menyediakan latihan-latihan soal dari setiap tahunnya.

5. Aktif ikut Try out SBMPTN

Untuk mengukur kemampuan sobat selama ini, sobat juga harus aktif ikuti Try Out Sbmptn. Karena dengan mengikuti Try Out ini nantinya sobat bisa me-review dari hasil belajar selama ini. Ketika hasil didapatkan oleh sobat, mau hasilnya buruk, lumayan atau bagus sobat tetep jangan langsung berpuas diri. Maksimalkan semua soal ujian terkuasi, kalo ada yang masih belum terkuasi, maka solusinya menambal kekurangan itu dengan belajar lagi.

Misalkan contoh kecil dari 10 soal, sobat harus bisa menguasi semua isinya dengan jawaban yang benar, atau bisa juga sobat menguasai 9 atau 8 soal saja tapi harus yakin jawaban ini pasti benar, dan sisanya terserah sobat.

6. Manfaatkan sistem penilain yang baru

Disetiap tahunya, biasanya terdapat beberapa sistem yang dirubah oleh pihak penyelenggara. Maka sebaiknya sobatnya mencari tahu tentang hal itu, dan mencari solusi menjalaninya. Bukan berarti sobat mencari jalan curang ya, tapi hanya sekedar mengetahui bagaimana sistem penilaian terbaru misalkan.

Baca Juga : Belajar berbahasa arab dikehidupan sehari-hari

7. Usahakan semua pilihan yang terdapat pada PTN dengan jurusan yang sama

Hal ini yang selalu jadi masalah terbesar peserta gagal dalam SBMPTN. Karena banyak orang, mereka memilih jurusan A di PTN ke 1 lalu memilih jurusan B dan PTN ke 2 dan di PTN lainnya juga sama berbeda-beda. Ini lah yang menjadi kekeliruan, karena secara tidak sadar akan mempersulit ketika ujian berlangsung. Dan ingat sekali lagi, hilangkan opini “Yang penting kuliah dijurusan apa saja di ptn apa saja”.

8. Minta tolong kepada Allah dan jangan lemah!

qaritsa.com

Point ini yang paling penting dan vital. Meminta tolong kepada Allah merupakan kewajiban setiap manusia, ketika sobat memulai memikiran niat dan jurusan yang cocok. Dari situlah sobat harus mulai berdoa dan beribadah dengan baik, benar, dan istiqomah (konsisten). Karena banyak sekali diantara manusia mereka berdoa kepada Allah ketika sedang sulit saja. Dan ketika kesulitan itu hilang maka dia lupa lagi. Ingat semua usaha yang tidak disandarkan dengan niatan kepada Allah, maka semua itu menjadi sia-sia. Ketika apa yang sobat usahakan, lalu berhasil dan berbangga diri, tanpa sedikitpun meminta kepada Allah dan mensykurinya karena Allah. Sungguh sobat berada pada kekufuran yang sangat berbahaya.

Dan bukan solusi ketika sobat meminta sesuatu kepada Allah, lantas sobat bernazar ini dan itu. Hal ini tidak akan merubah garis yang Allah takdirkan untuk sobat. Maka Solusinya sobat perlu beribadah yang kuat dan istiqomah serta dijalani dengan usaha yang sewajarnya. Jika berhasil maka itu semua sudah menjadi takdir ketetapan yang Allah berikan kepada Sobat dan jika gagal itupun takdir yang harus sobat sykuri. Karena Hasil tidak akan pernah mengkhianati takdir.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *