Tutorial Menggunakan Battle Encoder Shirase

Bismillah, Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tutorial atau cara mengatasi CPU(prosesor) yang Overload, Overheating, Lag dan FPS drop dengan Battle Encoder Shirase. Tentu hal seperti ini sangat menyebalkan apabila terjadi ketika sobat sedang menjalankan suatu program yang banyak secara sekaligus.

Ditambah kemampuan Prosesor yang kurang memadai atau pas-pasan maka lengkaplah sudah permasalahan nanti yang akan dihadapi. Di beberapa artikel menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan overclock terhadap cpu Prosesor/ cpu VGA ini memang solusi, namun sangat merugikan sobat apabila hal ini terus dilakukan.

Karena nantinya dalam jangka waktu yang singkat, secara tidak langsung telah mengurangi masa produktivitas cpu sendiri. (Sepeti memendekan umur CPU). Dan yang lebih parahnya lagi Overclock bisa membuat CPU hangus terbakar akibat panas dari suhu yang berlebihan. Tentu semua ini sangat merugikan bukan? Lantas bagaimana caranya, mari disimak..

Baca Juga: 7 Cara mengatasi komputer lemot

Gunakan Aplikasi BES

Apa itu BES? BES adalah singkatan dari Battle Encoder Shirase aplikasi kecil ini berfungsi sebagai alat untuk membatasi kinerja seuatu program yang berlebihan dalam memuat suatu pekerjaan. Dalam kasus lain, biasanya sobat selalu membuka beberapa program yang banyak dalam suatu waktu yang bersamaan. Umpamanya sobat membuka program Chrome, Winamp, Office, Rar dan lainnya.

Tentu dengan banyaknya program yang dibuka, hal ini membuat beban kinerja CPU Prosesor bertambah. Lama kelamaan, CPU sendiri akan menjadi overload dari kapasistasnya dan suhunya akan meningkat. Apabila hal ini terjadi dan dibiarkan tentu akan memberikan efek pada komputer sendiri menjadi Lag, Freeze dan FPS drop. Dan yang lebih parahnya lagi komputer bisa saja mati secara mendadak.

Dari beberapa uji coba yang penulis pernah lakukan, BES berhasil membuat kinerja Prosesor berkurang dan mendinginkan CPU, walaupun tidak dingin total. Maksudnya suhu panasnya berkurang menjadi normal seperti tidak membuka program apapun.

Bagaimana cara menggunakan BES?

  1. Download BES Disini
  2. Extract BES pada Hard Drive yang masih kosong
  3. Jalan BES dengan Run Administrator
  4. Klik Target > Cari nama program yang Overload pada bagian CPU
  5. Klik Limit This > Klik Yes
  6. Rubah persentase yang asalnya -33% menjadi -50%
  7. Close > Perhatikan System BES yang bekerja hingga Clam Ok.
  8.   
    Ciri seperti ini, BES sudah berjalan dengan baik.

Baca Juga : 10 Penyebab komputer Lambat

Babagaimana Sistem BES Bekerja ?

Ketika sobat sudah menentukan program apa yang akan di ‘limit this’ tentunya dalam standard sistem BES akan menurunkan tempo kinerja program tersebut sebesar -33% ini merupakan settingan default. Akan tetapi sobat bisa merubahnya hingga ke -50%, artinya program yang berada bekerja dibelakang layar tersebut akan menjadi lebih ringan pengerjaannya. Dan sobat lebih leluasa dalam menjalan program utama yang sedang di jalankan.

Seperti tutorial diatas mudahnya seperti ini, Sobat sedang membuka program chrome, offce word, winamp dan lainya. Dalam semua program yang sobat jalankan, tentunya program utama yang sedang sobat kerjakan umpamanya adalah Office Word. Program ini akan terasa berat, lemot, lag, fps drop akibat banyak program lain yang dijalankan dibelakang layar.

Nah sobat perlu menurunkan kinerja CPU program lain yang bekerja dibelakang layar tapi tidak mempengaruhi kuliatasnya secara besar. Umpamanya akibat sobat membuka Chrome, kinerja CPU menjadi meningkat pada bagian ini, tentu sobat perlu menurunkannya dengan langkah seperti tutorial diatas.

Sayangnya apabila jumlah persenan yang sobat berikan kepada program yang akan di ‘Limit This’ terlalu besar, nantinya akan membuat program tersebut lambat dalam merespon. Tapi malah memperlancar program utama, disini sobat perlu hitung hitungan agar kinerja CPU tetap rata diantara program lainnya secara tidak langsung.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *